Home » » Menanti Sikap Dua Fraksi

Menanti Sikap Dua Fraksi

Written By Jattman Tampese on 5.2.10 | 5.2.10


 
Liputan6.com, Jakarta: Panitia Khusus Hak Angket Kasus Bank Century akan menentukan sikap pada 4 Maret mendatang terkait kebijakan bail out bank tersebut sebesar Rp 6,7 triliun. Seiring dengan hal itu, intrik politik turut menyertai, terutama mengenai keutuhan suara fraksi partai koalisi pemerintah.
Sejauh ini mitra koalisi pendukung kebijakan pemerintah adalah Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa, serta Partai Persatuan Pembangunan. Sementara Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera kerap dinilai tidak loyal terhadap mitra koalisi.
Pada kenyataannya, dua partai tersebut memegang peran penting dalam pengambilan keputusan kasus skandal Bank Century. Jika mereka setuju dengan inisiatif pemerintah menalang dana untuk Century, suara mayoritas di pansus akan naik menjadi 23 suara. Namun bila Partai Golkar dan PKS tidak setuju alias berada di kubu oposisi, suara yang menolak kebijakan bail out menjadi 16 suara. Artinya, arah politik DPR akan berubah.
Masalah lain terkait isu kesetiaan partai pada koalisi adalah desakan agar PPP melepaskan diri dari mitra yang mendukung pemerintah. Pasalnya, mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Siapakah lawan dan kawan pemerintah Yang pasti, masalah Century sebaiknya jangan dijadikan ajang politik dagang sapi, melainkan harus berorientasi pada kepentingan rakyat.(OMI/YUS)
Share this article :

Posting Komentar

Masukan komentar di kolom ini. Saran anda sangat bermanfaat.
Hari gini nggak ikut TARBIYAH, Kontak kami segera via email di : pksdonggala@yahoo.co.id atau sms ke (+62852410 71237)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Donggala - Redesigned by PKS Donggala
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger