Home » , , , , » PELATIHAN MEDIA PKS SULTENG

PELATIHAN MEDIA PKS SULTENG

Written By Jattman Tampese on 26.6.11 | 26.6.11

Penggunaan media sosial yang terus marak di Indonesia diarahkan pada ajakan untuk melakukan gerakan sosial, menyusul kekuatan dan dampaknya yang sangat besar dalam masyarakat. 
Sosiolog Jejaring Sosial Roby Muhamad mengatakan media sosial memiliki kemampuan untuk mempengaruhi masyarakat, terutama bagi media yang kaya visual dan narasi melalui video.


Menurut dia, media sosial sekaligus dapat membentuk komunitas sosial yang berbeda sebagai pengikutnya, dengan menciptakan koordinasi tersendiri pada tiap komunitas tanpa harus dilakukan secara terpusat.(bisnis.com).
Menyikapi hal tersebut, Tim Media yang dimotori oleh para praktisi media berpengalaman dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik, melakukan PELATIHAN MEDIA  bersama Partai Keadilan sejahtera (PKS) Sulawesi Tengah di Kota Palu pada hari Sabtu, 25-26 Juni 2011.Para peserta yang terdiri dari utusan DPD-DPD dibekali materi tentang teknik menulis, teknik foto jurnalis, dan teknik videografi, maupun strategi kehumasan dan pengelolaan social media.


(Ketua DPW PKS Sulteng)
"Kegiatan ini bertujuan membangkitkan kesadaran media seluruh kader PKS. dan diharapkan mulai tahun ini kami memiliki stok sumberdaya manusia yang andal di bidang kehumasan dan media, minimal tiga orang disetiap kota/kabupaten di seluruh Indonesia " Ujar Wasekjen Bidang Media, Mahfudz Siddiq beberapa waktu lalu.

Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Mars PKS, acara pelatihan media ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PKS Sulawesi Tengah H. Zainuddin Tambuala,MA. 
Dalam sambutannya mengatakan bahwa Alllah SWT telah jelas mengabarkan hal tersebut dalam Alqur'an surat Al Hujurat ayat 6, bahwa "Jika seseorang yang fasiq datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya". Disinilah peran seorang jurnalis mengelola berita. Oleh karenanya siapapun dihadapan kita, mereka adalah objek dakwah kita. maka jangan antum lewati satupun momentum tanpa adanya sebuah informasi atau berita didalamnya. Syumuliatul Islam selalu mendampingi segala aktifitas kita sehari-hari, termasuk masalah media, fotografi dan videografi. "Kedepan semua kegiatan-kegiatan DPD akan  dievaluasi langsung oleh tim media pusat sampai sejauhmana tingkat keberhasilan para peserta dalam mengikuti pelatihan  kali ini", kata ustad  ZEN sapaan akrab beliau dalam mengakhiri sambutannya.
Peserta kemudian dibagi menjadi 3 kelas yakni kelas Media, Foto Jurnalis dan Videografi, dan diakhir sesi para peserta langsung kelapangan untuk mempraktekan materi yang telah disampaikan sebagai bahan dasar informasi atau berita yang nantinya akan diedit langsung oleh para trainer. 


(Salah satu peserta) 
"Hanya orang-orang yang memiliki kesabaran tinggi menekuni Profesi ini, bayangkan saja untuk membuat sebuah berita dalam bentuk foto story kita harus mengikuti event tersebut sampai selesai", ujar salah seorang peserta.

































Share this article :

Posting Komentar

Masukan komentar di kolom ini. Saran anda sangat bermanfaat.
Hari gini nggak ikut TARBIYAH, Kontak kami segera via email di : pksdonggala@yahoo.co.id atau sms ke (+62852410 71237)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS Donggala - Redesigned by PKS Donggala
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger